Friday 30 May 2008

“De ingat ya, bahwa Takdir itu sangat indah dan gak pernah kita duga”

Akhir-akhir ini aku selalu teringat akan sebuah kalimat yang diucap oleh kakak ku (walaupun bukan kakak kandung ku, tapi kakak kelas ku yang udah aku anggap kakak). Takdir, terkadang aku ragu padanya. Karena aku takut dia tidak bisa menyenangkan hatiku. Walaupun dalam pelajaran agama di sekolah, aku tahu bahwa takdir itu ada dua macam. Takdir yang gak bisa kita rubah dan takdir yang bisa kita rubah. Guruku selalu bilang bahwa kesuksesan seseorang termasuk takdir yang masih bisa kita rubah. Cara merubahnya yaitu dengan berusaha dan berdoa. Walaupun aku sudah berusaha untuk melakukan itu sebaik-baiknya, tapi aku masih ragu apakah takdir itu akan berpihak kepada ku?!!!

Ceritanya dimulai saat aku duduk di bangku kelas tiga akhir SMA. Aku berusah untuk menuju masa depanku seperti yang telah aku inginkan selama ini. Aku mulai melamar beasiswa Singapore Scholarship yang disediakan oleh Kedubes Singapore. Aku termasuk orang yang beruntung saat itu, bisa dibayangkan jumlah pelamarnya 6000 orang. Sedangkan yang diberi kesempatan ikut test Cuma 160 orang. Mungkin ini karena tulisanku yang gak pernah akan saya lupa selama hidupku. Persyaratannya waktu itu adalah mengrim essay tentang masa epan kita dalam format English. Walaupun akhirnya aku bukan termasuk orang yang mendapat beasiswa karena saingannya itu lhooo… pada pintar-pintar semua deh. Lalu setelah itu aku coba ikut USM ITB daerah. Banyak hal yang bisa aku pelajari saat itu. Terutama tentang psikotes, aku berusaha untuk mengusut tuntas seperti apa sih psikotes itu?!! Mulai dari menggambar sampai menghitung di kertas Koran yang bikin aku puyeng sesudahnya. Dan hasilnya aku gagal masuk ITB. Kakak ku bilang, “Sabar aja!! Takdir itu sangat indah dan gak pernah kita duga”. Aku selalu memikirkan ucapan tersebut. Benarkah takdir itu sangat indah?!! Lalu dikemudian hari aku menemukan beasiwa PT. JABABEKA Tbk di Koran Kompas, aku pun mencoba untuk mengikuti testnya. Dan tara…. Benar sekali takdir itu sangat indah, Tuhan memberi kesempatan kepadaku untuk kuliah dengan beasiswa. Hal yang sangat aku impikan!!!

Walaupun banyak ucapan bahwa universitas yang akan aku tempati inilah, itulah. Tapi aku tetap yakin, Tuhan telah memberikan kesempatan kepadaku. Dan tak akan datang untuk kedua kalinya. Walaupun terkadang aku meragukannya dalam hati, tapi insya allah dengan Basmallah semuanya akan berjalan seperti apa yang aku inginkan.

Subhanallah takdir itu sangat indah ya…….

Terima kasih ya ALLAH, atas apa yang telah Engkau berikan selama ini…..

No comments:

Post a Comment

C.U.A.P C.U.A.P