Friday 30 May 2008

Giving a Thanks…


Bersyukur, mungkin untuk sebagian orang merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak terkadang kita sebagai manusia seakan-akan terlena dengan berbagai kenikmatan yang ada. Ataupun kita senantiasa berkeluh kesah kepada Sang Maha Pemberi karena kita tidak puas apa yang telah Dia berikan. Hal yang sulit memang, hawa nafsu kita telah menyelimuti sebagian hati kita. Tapi kita pasti tidak ingin berlarut-larut untuk seperti itu.

Bersyukur bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja, ada pepatah bilang “Sebaik-baiknya orang adalah orang yang senantiasa bersyukur terhadap apa yang telah dia terima”. Alangkah baiknya jikalau pepatah tersebut senantiasa kita pegang dalam kehidupan sehari-sehari. Ciri-ciri orang yang menghargai hidup adalah orang yang selalu bersyukur. Orang tersebut cenderung selalu berlapang dada dalam setiap menerima takdir ataupun ketentuan yang ada. Sebenarnya Tuhan sangat menyukai akan orang-orang seperti itu. Orang tersebut jarang berburuk sangka atas musibah yang dia terima. Mereka berkeyakinan bahwa di balik setiap musibah ataupun kesusahan pasti aka nada suatu hikmah yang sangat berguna. Ingatlah kawan, bahwa disetiap kegelapan pasti ada secercah cahaya yang terang benderang yang telah menunggu kita.

Alangkah indahnya jikalau kita senantiasa bersyukur. Hidup terasa lebih mudah. Beban pun terasa lebih ringan. Bahkan salah seorang temanku bilang “Hidup itu susah, makanya jangan dibikin susah”. Tanpa kusadari ternya ada benarnya juga perkataan salah seorang temanku ini. Kita menjalani hidup ini dengan berbagai lika-liku, pasang-surut yang ada. Alangkah baiknya jika kita tidak mempersulit hidup ini dengan cara selalu bersyukur.

Perlu kita ingat jika dalam kehidupan kita, Dia telah memberi sebuah kenikmatan, janganlah kita terlena dan lupa kepada-Nya. Bahwa Dia lah yang telah memberi semuanya. Sungguh ironis sekali jikalau kita terlena bahkan berhura-hura dalam setiap menerima suatu nikmat-Nya. Secara logika jika kita ingin meminta uang kepada orang tua, kita harus berbuat baik dan berterima kasih kepada orang tua kita. Maka bisa dipastikan orang tua akan selalu memberi uang kapda kita karena kita selalu berbuat baik dan berterima kasih. Begitupun perilaku kita kepada Tuhan, jika kita melupakan-Nya bisa dipastikan Dia akan mengurangi nikmat kita.

Pastinya kita tak ingin hidup berlarut-larut dalam kesusahan. Janganlah merengek dan berkeluh kisah. Toh kita masih diberi kesempatan bernafas oleh-Nya. So, it’s time for giving a thanks….

No comments:

Post a Comment

C.U.A.P C.U.A.P