Sunday 22 June 2008

Akhir Sebuah Penatian Putih Abu-abu



Perjuangan merupakan awal sebuah impian dan penantian. Maka gak salah setiap orang berjuang habis-habisan untuk mencapai suatu angan yang diimpikannya ataupun dinantinya. Bisa kita lihat pada beberapa bulan blakangan ini, anak-anak putih abu-abu yang duduk di kelas XII berjuang sepenuh tenaga untuk bisa menaklukan yang namanya Ujian Nasional. Maka gak salah porsi belajar merekapun mereka tambah, dengan mengorbankan waktu bermain mereka. Tapi semua pngorbananpun terbayar , karena tujuan yang mereka dapatkan tercapai sudah.

Bisa dibilang dalam Ujian Nasional tahun ajaran 2007-2008 sangatlah berat untuk kalangan pelajar khususnya tingkat SMA. Dikarenakan pemerintah menetapkan enam mata pelajaran dari tiga mata pelajaran di tahun ebelumnya yang akan diujiankan . Bisa dibayangkan ketika keputusan tersebut diumumkan semua kalangan panic terutama kalangan pelajar. Enggak terlalu heran, hasil Ujian Nasional di tahun-tahun sebelumnya tidak mencapai 100%. Maka dengan mata pelajaran yang ditambah plus standar minimal kelulusan pun dinaikkan membuat gempar kalangan pendidikan.

Pro kontra menghiasi keputusan tersebut, tetapi apa boleh buat kita mau engga mau ataupun setuju enggak setuju kudu menerimanya dengan sepenuh hati. Alhasil berbagai siasat untuk menaklukan Ujian Nasional disiapkan pelajar putih abu-abu. Mulai dari mengupas berbagai soal bekas ujian, rajin ikut try out, program pengayaan di sekolah, hingga mengikuti bimbingan belajar mulai dari pulang sekolah sampai ikut program intensif di malam hari.

Menurut konsep MESTAKUNG, Prof Yohanes Surya yang berbunyi “Ketika sesuatu berada di titik kritis, maka semestapun akan mendukung”. Yang maksudnya bahwa ketika kita berada disuatu titik yang menekan kita maka dari mulai partikel tubuh sampe keadaan disekitarpun turut bergerak dengan segera. Mirip konsep aksi reaksi di Fisika lah. Jadi emang udah hukum alam kali ya, ketika Ujian Nasional menekan kita untuk belajar dengan giat guna menaklukannya toh kitapun akan berusaha dengan sekuat tenaga.

Menurut pendapat salah seorang teman saya, “Akhirnya happy ending deh!! Tuhan emang adil. Aku udah berkorban dan hasilnya pun sesuai. Penantian yang aku harapkan”. Memang dengan Ujian Nasional SMA pun pertanda bahwa kita telah selesai mengenyam pendidikan selama tiga tahun ini. Dan kita telah menjalankan tugas pemerintah wajib belajar Sembilan tahun ditambah tiga tahun.

Jadi dengan pengumuman kelulusan UN SMA kali ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, banyak hal yang maih menunggu kita untuk kita taklukan. Salah satunya SNMPTN. Jadi engga usah dirayakan dengan selebrasi yang berlebihan toh bukan akhir dari perjuangan. Finally, bagaimana dengan kamu?!!! Tetep semangat berjuang kan?!! Chayooo….

No comments:

Post a Comment

C.U.A.P C.U.A.P